Hari ini tanggal
21 February 21, 2017, aku banyak dapet proxy, apa itu proxy? Ini nih yang
awalnya aku juga bingung pas awal-awal disini. Proxy itu substitution jadi
karna ada guru yang gak berangkat salah satu guru harus ngegantiin dia, jadi
gak ada tuh pelajaran kosong, kasihan yaa karna sebagai mantan murid aku tahu
perasaan mereka 😆. Aku banyak ngegantiin
di kelas 3, hari ini. Aku tuh heran banget di kelas ini pasti ada aja
gitu yang nangis, yang berantem, yang ini lah itu lah. Aku nemu yang begitu dikelas 2 dan 3 aja, kalo kelas 4 dan 5 sih pemikirannya udah lumayan dewasa.
Sekolah ini
merupakan Cambridge International School jadi baru banget buat aku begitu juga
dengan speech and drama. Untuk primary cambrige class ada grade 1 - grade 5. Gak mudah buat kontrol mereka apalagi pas dateng
pertama aku terlalu ramah dan menebar senyum jadi udah ke judge kalo aku ngasih
kebebasan ke mereka. Pas awal-awal
akupun kaget, stress berpikir berhari-hari karna aku harus buat kurikulum
sendiri untuk speech and drama ini. Kalo murid2 sadar mungkin mereka bakal
bertanya-tanya ini sebenernya pelajaran apa kok setiap pertemuan beda-beda dan
loncat-loncat dadri tema 1 ke tema yang lain jauh banget perbedaannya. Tapi setelah
sebulan alhamdulillah udah ngerti mau ngapain dan apa yang dibahas. Jadi untuk
kelas 4 dan kelas 5 aku fokusin dulu ke speech mereka melalui debate jadi untuk
ngelatih mereka berdebat pada tempatnya soalnya kalo aku liat-liat mereka
seneng debat buat hal-hal kecil tuh lapoooorrr mulu ke aku “mam she is doing that he is
doing this blablalalalala” nah biar sekalian aku fasilitasi deh dengan debate
session ini. Pertama aku jelasin apa itu debate, caranya blablabla. Mereka antusias
banget kalo suruh debate aku sediain tema yang simple2 aja di lingkungan
sekolah, gak jarang mereka baper sampe berantem adu pendapat yahh maklum lah
bocahhh. Tapi mereka berhenti kaya gitu
kok setelah aku kasih video gimana debat yang baik itu. Bahkan aku akui debat
mereka lebih keren daripada pelajaran debate waktu aku kuliah dulu hahaha.
Nah untuk kelas
2 aku fokusin ke short story kalo kelas 3 aku fokusin ke dialog dan story
telling. Untuk kelas 1 itu ada 2 kelas, A dan B dan dua kelas itu sangat super
duper triple nakal, ya udah terkenal emang bahkan untuk wali kelasnya sendiri
juga berkata demikian jadi harus ada semacam trik buat ngajar mereka dan emang
kita harus teriak biar mereka dengerin dan nurut untuk ngerjain sesuatu. Seperti
biasa pada awalnya berat banget buat aku karna udah tau kan kalo aku suaranya
keras tapi disini masih kurang keras jadi bukan lagi speak loudly tapi shouting,
triak-triak bikin kepalaku pusing meriang ngadepin mereka tapi ini challenge
tersendiri buat ngajar mereka terlebih 2 kelas. jadi untuk ngajar mereka aku
lebih fokusin ke vocabulary, spelling, dan pronunciation dalam suatu topic. Agar
mereka tertarik untuk belajar aku selalu siapin video kartun yang bertema sama
dengan topik. Harus triak triak untuk ngajar mereka karena ruangan gede dan
suara mereka juga keras. Untuk sekarang alhamdulillah aku udah bisa mulai
kontrol semua kelas dengan awalnya harus triak, bentak, dan gebrak meja
semata-mata biar mereka bisa aku kontrol karna pada awalnya mereka yang kontrol
aku hahaha aku harap mereka bisa menghargai saat aku ngomong didepan bukan
untuk ditakuti semata. Bahkan kemarin nih aku ngajar kelas 1 salah satu anak
bandel banget lari-lari mulu nggak nyimak aku tatep aja, beberapa menit
kemudian dia nangis, aku cerita sama coordinatorku aku bikin nangis bocah lahh
dia malah bilang “It was greattt” hahaha aneh ya mungkin dia beranggapan
sekarang berarti aku udah mulai bisa ngontrol mereka gak terlalu lembek jadi
dia bilang itu bagus, tapi emang gitu disini dari kecil udah dididik keras
karna india emang keras terutama Mumbai. Coba kalo di Indonesia mungkin aku
udah didatengin orang tuanya kali yah…
Jadi nih kalo
banyak yang nanya gimana sih ngajarin Bahasa inggris di India sedangkan kita
gak bisa Bahasa Hindi, tenang aja itu semua bisa terjawab kok, Bahasa inggris
di India itu second language jadi mereka udah familiar sama bahasa inggris
terlebih di sekolah internasional mereka ngobrolnya pake Bahasa inggris kok paling
yang nursery yang masih pake hindi tapi mereka mudeng kalo ditanya pake bahasa
Inggris. Jangan disamain sama di Indonesia ngajar Bahasa Inggris tapi gurunya
pake Bahasa Indonesia. Ya karna di Indo, Bahasa inggris itu masih foreign
language, pengalaman aku ngajar bahsa inggris di Indo, ngomong Bahasa inggris
malah muridnya pada protes miss ngomong apa sih? Pake Bahasa Indonesia aja lah
miss, miss kok ngomongnya pake Bahasa inggris sih, miss dari amerika yah? Hahaha trus ada lagi yang nanya miss kok bisa bahasa Inggris sih? Haha ya many kinds of them lah. Jadi yang kita ajarin di India itu untuk primary
udah ke tahap pronunciation, speaking, confidence dan spelling karna disni
mereka lancar ngomongnya tapi untuk spelling masih suka salah dan sering nanya. dan sejauh ini yang masih jadi kendala itu ngapalin nama mereka gak jarang aku cuma manggil hey, you, atau samperin langsung ke anaknya karna belum sanggup ngapalin ratusan nama yang gak familiar dan dengan pronunciation yang beda.
Jadi gimana udah dapet gambaran lagi? buruan ih daftar AIESEC ( aiesec.or.id ) pilih yang internship global talent yaa ^_^
Keren pengalamannya Fathi.. Good Job...
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus