Langsung ke konten utama

Gimana sih Cara Ngajar di Sekolah Internasional India?

Hari ini tanggal 21 February 21, 2017, aku banyak dapet proxy, apa itu proxy? Ini nih yang awalnya aku juga bingung pas awal-awal disini. Proxy itu substitution jadi karna ada guru yang gak berangkat salah satu guru harus ngegantiin dia, jadi gak ada tuh pelajaran kosong, kasihan yaa karna sebagai mantan murid aku tahu perasaan mereka 😆. Aku banyak ngegantiin  di kelas 3, hari ini. Aku tuh heran banget di kelas ini pasti ada aja gitu yang nangis, yang berantem, yang ini lah itu lah. Aku nemu yang begitu dikelas 2 dan 3 aja, kalo kelas 4 dan 5 sih pemikirannya udah lumayan dewasa.

Sekolah ini merupakan Cambridge International School jadi baru banget buat aku begitu juga dengan speech and drama. Untuk primary cambrige class ada grade 1 - grade 5. Gak mudah buat kontrol mereka apalagi pas dateng pertama aku terlalu ramah dan menebar senyum jadi udah ke judge kalo aku ngasih kebebasan ke mereka.  Pas awal-awal akupun kaget, stress berpikir berhari-hari karna aku harus buat kurikulum sendiri untuk speech and drama ini. Kalo murid2 sadar mungkin mereka bakal bertanya-tanya ini sebenernya pelajaran apa kok setiap pertemuan beda-beda dan loncat-loncat dadri tema 1 ke tema yang lain jauh banget perbedaannya. Tapi setelah sebulan alhamdulillah udah ngerti mau ngapain dan apa yang dibahas. Jadi untuk kelas 4 dan kelas 5 aku fokusin dulu ke speech mereka melalui debate jadi untuk ngelatih mereka berdebat pada tempatnya soalnya kalo aku liat-liat mereka seneng debat buat hal-hal kecil tuh lapoooorrr mulu ke aku “mam she is doing that he is doing this blablalalalala” nah biar sekalian aku fasilitasi deh dengan debate session ini. Pertama aku jelasin apa itu debate, caranya blablabla. Mereka antusias banget kalo suruh debate aku sediain tema yang simple2 aja di lingkungan sekolah, gak jarang mereka baper sampe berantem adu pendapat yahh maklum lah bocahhh.  Tapi mereka berhenti kaya gitu kok setelah aku kasih video gimana debat yang baik itu. Bahkan aku akui debat mereka lebih keren daripada pelajaran debate waktu aku kuliah dulu hahaha.




Nah untuk kelas 2 aku fokusin ke short story kalo kelas 3 aku fokusin ke dialog dan story telling. Untuk kelas 1 itu ada 2 kelas, A dan B dan dua kelas itu sangat super duper triple nakal, ya udah terkenal emang bahkan untuk wali kelasnya sendiri juga berkata demikian jadi harus ada semacam trik buat ngajar mereka dan emang kita harus teriak biar mereka dengerin dan nurut untuk ngerjain sesuatu. Seperti biasa pada awalnya berat banget buat aku karna udah tau kan kalo aku suaranya keras tapi disini masih kurang keras jadi bukan lagi speak loudly tapi shouting, triak-triak bikin kepalaku pusing meriang ngadepin mereka tapi ini challenge tersendiri buat ngajar mereka terlebih 2 kelas. jadi untuk ngajar mereka aku lebih fokusin ke vocabulary, spelling, dan pronunciation dalam suatu topic. Agar mereka tertarik untuk belajar aku selalu siapin video kartun yang bertema sama dengan topik. Harus triak triak untuk ngajar mereka karena ruangan gede dan suara mereka juga keras. Untuk sekarang alhamdulillah aku udah bisa mulai kontrol semua kelas dengan awalnya harus triak, bentak, dan gebrak meja semata-mata biar mereka bisa aku kontrol karna pada awalnya mereka yang kontrol aku hahaha aku harap mereka bisa menghargai saat aku ngomong didepan bukan untuk ditakuti semata. Bahkan kemarin nih aku ngajar kelas 1 salah satu anak bandel banget lari-lari mulu nggak nyimak aku tatep aja, beberapa menit kemudian dia nangis, aku cerita sama coordinatorku aku bikin nangis bocah lahh dia malah bilang “It was greattt” hahaha aneh ya mungkin dia beranggapan sekarang berarti aku udah mulai bisa ngontrol mereka gak terlalu lembek jadi dia bilang itu bagus, tapi emang gitu disini dari kecil udah dididik keras karna india emang keras terutama Mumbai. Coba kalo di Indonesia mungkin aku udah didatengin orang tuanya kali yah…


Jadi nih kalo banyak yang nanya gimana sih ngajarin Bahasa inggris di India sedangkan kita gak bisa Bahasa Hindi, tenang aja itu semua bisa terjawab kok, Bahasa inggris di India itu second language jadi mereka udah familiar sama bahasa inggris terlebih di sekolah internasional mereka ngobrolnya pake Bahasa inggris kok paling yang nursery yang masih pake hindi tapi mereka mudeng kalo ditanya pake bahasa Inggris. Jangan disamain sama di Indonesia ngajar Bahasa Inggris tapi gurunya pake Bahasa Indonesia. Ya karna di Indo, Bahasa inggris itu masih foreign language, pengalaman aku ngajar bahsa inggris di Indo, ngomong Bahasa inggris malah muridnya pada protes miss ngomong apa sih? Pake Bahasa Indonesia aja lah miss, miss kok ngomongnya pake Bahasa inggris sih, miss dari amerika yah? Hahaha trus ada lagi yang nanya miss kok bisa bahasa Inggris sih? Haha ya many kinds of them lah. Jadi yang kita ajarin di India itu untuk primary udah ke tahap pronunciation, speaking, confidence dan spelling karna disni mereka lancar ngomongnya tapi untuk spelling masih suka salah dan sering nanya. dan sejauh ini yang masih jadi kendala itu ngapalin nama mereka gak jarang aku cuma manggil hey, you, atau samperin langsung ke anaknya karna belum sanggup ngapalin ratusan nama yang gak familiar dan dengan pronunciation yang beda.  

Jadi gimana udah dapet gambaran lagi? buruan ih daftar AIESEC ( aiesec.or.id ) pilih yang internship  global talent yaa ^_^

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Birth of Aliya ( Kehamilan Dengan Rhesus Negatif )

 Kehamilan kedua ini aku ketahui waktu kita bertiga aku suami dan anak pertamaku rania pulang mudik ke Indonesia. Kehamilan kali ini memang kita rencanakan dan alhamdulillah langsung dikasih sm Allah. Bisa dibilang dari awal kehamilan sampai trimester ketiga semua berjalan dengan lancar sampai suatu ketika pada usia kemahilan 7 bulan tes darah aku mengatakan kalau hasil indirect coomb test positif Yang artinya tubuh aku membentuk antibodi yg bisa jadi menyerang sel darah janin. Kenapa itu bisa terjadi? Singkat cerita golongan darahku O dengan rhesus negatif dan golongan darah suamiku O dengan rhesus positif. Orang yg berrhesus negatif di dunia ini hanya 25% terlebih di Indonesia hanya 1% Qodarullah aku diberkahi dengan rhesus negatif. Jadi saat rhesus negatif bertemu dgn rhesus positif kemungkinan besar janin akan mengikuti rhesus ayahnya yaitu positif. Ini menyebabkan adanya ketidakcocokan rhesus antara aku dan bayiku sehingga tubuhku memproduksi antibodi karena menganggap bayi dalam

Pengalaman Hamil dan Melahirkan di India

Bismillah... Kalo dulu aku pernah nulis tentang pengalaman ngajar di Mumbai, atas takdir Allah sekarang aku malah nulis pengalaman hamil dan melahirkan di tempat ini lagi yang pernah aku tinggali selama setahun. Singkat cerita aku menikah dengan orang yang bekerja di Mumbai jadi aku pun harus ikut suamiku tinggal disini, kami menikah pada bulan desember 2018, Januari kami sudah tinggal bersama. Sebelum berangkat ke Mumbai aku kena flu sampai tiba di Mumbai gak kunjung sembuh walaupun udah minum obat. Waktu itu aku belum curiga apa-apa. Pertengahan bulan januari aku iseng testpack hasilnya 2 garis merah, waktu itu perasaanku sudah campur aduk, apa bener aku hamil?? Secepat ini Allah kasih kepercayaan ke kami. Sore itu selepas suami pulang aku langsung tunjukan hasil testpack, ia pun senyum-senyum bahagia dan tak lupa mengucap syukur alhamdulillah kami diberi kepercayaan secepat ini, seminggu setelah itu aku coba untuk testpack lg untuk meyakinkan dan hasilnya sama alhamdul

Setelah Hampir 5 Bulan di Tanah Air Tercinta

Tak terasa waktu seakan begitu cepat di Indonesia, senang rasanya dapat berkumpul lagi dengan keluarga, dan orang tersayang lain. Masih teringat jelas saat aku pulang dari India tepatnya tanggal 24 Desember 2017. Saat itu pesawatku akan terbang jam 11 malam dari Mumbai airport. Rasanya campur aduk.. senang, sedih, bahagia, dan tidak percaya. Tidak percaya akhirnya aku dapat menyelesaikan ini 1 tahun. Saat hari terakhir di sekolah tanggal 17 Desember 2017 kebetulan hari itu hari terakhir sekolah sebelum hari libur natal dan tahun baru, jadi mereka juga merayakan natal disana. India adalah Negara dengan berjuta perayaan, hampir semuanya mereka rayakan. Hari itu sekolahku mengadakan secret santa tukar kado untuk guru-guru lain tanpa tahu siapa yang memberi. Dan kebetulan aku kebagian koordinatorku orang yang awalnya paling aku sebelin di sekolah hehe. Aku gak merayakan natal aku pun tak memakai baju merah seperti yang sudah kepala sekolah tentukan waktu itu. Aku memakai baju coklat d