Langsung ke konten utama

Welcome to Mumbai, the Craziest City of India!

Hari pertama aku menginjakan kaki di sekolah ini RBK International School, terkagum-kagum sih bangunannya gede, tinggi, ada liftnya, padahal dulu nih jaman SMK pengen nyobain lift aja harus ke RS pertamina dan rasanya pusing gitu haha orang macam apa aku ini yah. ditambah murid-muridnya sangar-sangar banget bahasa inggrisnya bahkan anak TK ngobrolnya pake bahasa Inggris dan aku cuma berdoa semoga mereka gak lebih pinter dari aku sebagai guru mereka hahaha aku berkenalan dengan banyak guru, mereka sangat welcome tapi aku belum merasakan kenyamanan disini, aku mempunyai banyak masalah terutama untuk beradaptasi. Terkadang mereka membuatku gila karna mereka bicara sangat cepat dengan aksen khasnya. Kadang saat istirahat kepalaku makin pusing karna mereka mengobrol dengan Bahasa hindi yang sama sekali aku tak tahu, saat mereka tertawa karna mungkin ada hal yang lucu, aku hanya diam karna gak tau mereka ngomong apa. Aku juga mempunyai masalah dengan makanan disini, bukan masalah pedasnya tapi karna rasanya dan baunya yang langu kalo dalam Bahasa jawanya. 

Kalau banyak yang bilang orang india bau, emmm itu sebenernya gak bener gak salah juga. Tapi kebanyakan dari mereka wangi kok terutama guru disini. Ada sih yang bau disini akupun juga ngerasain, tapi hanya sedikit orang aku bahkan sampai pernah mual dan sakit kepala karna baunya languu banget.  Kalo banyak orang yang bilang india itu kotor, berantakan, lalu lintas yang parah, ugal-ugalan. Aku akui itu sangat benar hahaha buat orang Indonesia yang merasa bahwa negeri kita kotor, lalu lintas parah, disini lebih parah 100 % lebih parah maka bersyukurlah kita jadi orang Indonesia dan buat negeri kita jadi sema,in bersih lagi. That’s why aku cinta Indonesia sooo much. Buat orang Jakarta nih kalo masih ngeluh sama fasilitas umum kaya kereta, bus, trans Jakarta haha mereka kayanya harus ke india dulu biar mereka bersyukur sama fasilitas yang dikasih pemerintah. Dann buat polisi Indonesia kayanya mereka juga harus bersyukur karna orang yang gak pake helm, ugal-ugalan di Indonesia sedikit yaaa dibandingkan dengan India. Disini hampir semua orang gak pake helm padahal jalanan bener-bener berdebu, dan ramai. Dan kereta… apalagi kereta. Kereta disni sangat tidak teratur untuk kereta local (kalo di Jakarta namanya communer) sangat gak nyaman kereta disni gak ada  ACnya mau first class, second class lah dan masih banyak pedagang di dalem kereta. Ditambah lagi dengan pemandangan tempat-tempat kumuh dan berbau tak sedap. Emmm.. tapi India itu luas banget jadi aku yakin pasti ada tempat indah dan menarik selain kashmir, swiss nya india pastinya, yaa cuma belum nemu aja kali yah hehehe


Aku tinggal di sebuah flat kira-kira sekitar 15 menit dari sekolah kalo jalan, disana aku satu rumah sama Tatiana dari rusia dan tulika dari india, alhamdulillah aku ada temennya.. aku sekamar sama Tatiana, dia baik banget kalo gak ada dia aku gak bisa makan disni, karna pas seminggu pertama aku belum nuker uang jadi aku dipinjemin dulu sama dia, dia cerita juga tentang kejadian2 disini, dia menyebut mira road, flat dan semua yang ada disini itu crazy hahaha yaaa memang demikian sih, pas hari pertama disini aku juga nangis karna kegilaan ini, ditambah lagi dengan bentol2 merah di mukaku karna digigit nyamuk, seperti yang ku bilang sebelumnya ini crazy flat jadi nyamuknya juga gak kalah crazy, pokoknya di flat itu udah kaya hutan deh karna kita di ground, ada nyamuk dalam jumlah yang gak wajar dalam rumah, tikus, kecoa, dan binatang-binatang lainnya. Kalo sekarang aku tiap malem pake kaya obat nyamuk gitu lah bentuknya kaya stik yang buat doa di klenteng, dan berapa menit kemudian semua nyamuk terkapar di lantai penuuhhh bener2 penuh. 

Tatiana selalu mengeluh ke aku tiap mau tidur selalu bilang “ oh my God tomorrow is job” dan aku selalu jawab yeeeee tomorrow is job horaaaayy lalu dia ketawa2. Dia juga sering banget ngagetin aku karna tiba-tiba triak di dapur atau di kamar mandi karna ada kecoa lah cicak lah tikus lah, dan aku pasti datang bak superhero untuk membunuh hewan-hewan itu dengan keji mwuahhahaha. Dengan berjuta-juta kegilaan disini ehh gak berjuta deng  puluhan ratusaannn, yang paling ngeselin itu disini banyak banget guk-guk alias anjing di jalan mana aku berangkat kan jalan.. emang sih mereka gak ngapa-ngapain tapi tetep buat deg-degan buat aku yang takut banget sama anjing tiap ada anjing disisi kiri aku pasti pindah ke sisi kanan, Tatiana sering ngeledekin aku kalo ada anjing dibilang itu temenmu tuh kalo dalam Bahasa indonesianya. 

Aku juga sempat nangis di depan guru-guru pre and primary disini karna aku terlalu baper, hari pertama dapet trus dikasih pengganti kelas banyak sama coordinatorku karna banyak guru yang gak masuk, karna itu baru beberapa hari aku belum bisa control kelas yang ku ajar mereka bener-bener buat aku gila, karna jenuh akhirnya aku pergi ke lantai 7 buat liat anak-anak lagi nari beberapa menit kemudian didi (didi berarti sister yang tp kalo diartikan ke Indonesia kayanya lebih tepat bibi soalnya yang bertanggung jawab kebersihan disini) manggil aku karna aku dipanggil sama coordinatorku itu, dia mukanya berubah dia marah kenapa aku pergi tanpa kasih tau dia dulu, lahh mana aku tahuu kalo aku kemana mana harus bilang dia dulu nah disitulah aku baper, pas jam makan siang aku nangis depan mereka coordinatorku peluk aku dia bilang “that’s to make you strong baby” aku menangis sesegukan gak berhenti, aku perempuan 21 tahun bisa ke negeri india ini jadi guru dengan keadaan yang super gila ini. Dia orangnya tegas tapi dia baik sih didalam lubuk hatinya yang paaaalinnnng daaaalaaaammmm, dia pengen guru-guru lain berkualitas begitu juga muridnya “mungkin”..tapi terus terang aku kurang suka sama cara dia. Let it be lah mungkin hanya masalah waktu buat terbiasa setelah ini. Setelah kejadian itu aku mulai berpikir aku datang kesini dengan tangisan datang ke flat ke sekolah dengan tangisan, tapi aku harap dan aku yakin stelah 1 tahun aku pun akan menangis karna meninggalkan semua ini, teman, guru, coordinator, murid, toko depan flat, tukang sayur, toko kue, coklat, anjing, sapi bahkan babi hahahahaha… dan yang terpenting sekarang bukan mengeluh, tapi bersyukur.. ini pilihanku, aku sendiri yang suka dengan tantangan, ini jalanku, ini takdirku, Cuma aku yang bisa menentukan disini bahagia atau tidak maka aku harus menikmatii :))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Birth of Aliya ( Kehamilan Dengan Rhesus Negatif )

 Kehamilan kedua ini aku ketahui waktu kita bertiga aku suami dan anak pertamaku rania pulang mudik ke Indonesia. Kehamilan kali ini memang kita rencanakan dan alhamdulillah langsung dikasih sm Allah. Bisa dibilang dari awal kehamilan sampai trimester ketiga semua berjalan dengan lancar sampai suatu ketika pada usia kemahilan 7 bulan tes darah aku mengatakan kalau hasil indirect coomb test positif Yang artinya tubuh aku membentuk antibodi yg bisa jadi menyerang sel darah janin. Kenapa itu bisa terjadi? Singkat cerita golongan darahku O dengan rhesus negatif dan golongan darah suamiku O dengan rhesus positif. Orang yg berrhesus negatif di dunia ini hanya 25% terlebih di Indonesia hanya 1% Qodarullah aku diberkahi dengan rhesus negatif. Jadi saat rhesus negatif bertemu dgn rhesus positif kemungkinan besar janin akan mengikuti rhesus ayahnya yaitu positif. Ini menyebabkan adanya ketidakcocokan rhesus antara aku dan bayiku sehingga tubuhku memproduksi antibodi karena menganggap bayi dalam

Pengalaman Hamil dan Melahirkan di India

Bismillah... Kalo dulu aku pernah nulis tentang pengalaman ngajar di Mumbai, atas takdir Allah sekarang aku malah nulis pengalaman hamil dan melahirkan di tempat ini lagi yang pernah aku tinggali selama setahun. Singkat cerita aku menikah dengan orang yang bekerja di Mumbai jadi aku pun harus ikut suamiku tinggal disini, kami menikah pada bulan desember 2018, Januari kami sudah tinggal bersama. Sebelum berangkat ke Mumbai aku kena flu sampai tiba di Mumbai gak kunjung sembuh walaupun udah minum obat. Waktu itu aku belum curiga apa-apa. Pertengahan bulan januari aku iseng testpack hasilnya 2 garis merah, waktu itu perasaanku sudah campur aduk, apa bener aku hamil?? Secepat ini Allah kasih kepercayaan ke kami. Sore itu selepas suami pulang aku langsung tunjukan hasil testpack, ia pun senyum-senyum bahagia dan tak lupa mengucap syukur alhamdulillah kami diberi kepercayaan secepat ini, seminggu setelah itu aku coba untuk testpack lg untuk meyakinkan dan hasilnya sama alhamdul

Setelah Hampir 5 Bulan di Tanah Air Tercinta

Tak terasa waktu seakan begitu cepat di Indonesia, senang rasanya dapat berkumpul lagi dengan keluarga, dan orang tersayang lain. Masih teringat jelas saat aku pulang dari India tepatnya tanggal 24 Desember 2017. Saat itu pesawatku akan terbang jam 11 malam dari Mumbai airport. Rasanya campur aduk.. senang, sedih, bahagia, dan tidak percaya. Tidak percaya akhirnya aku dapat menyelesaikan ini 1 tahun. Saat hari terakhir di sekolah tanggal 17 Desember 2017 kebetulan hari itu hari terakhir sekolah sebelum hari libur natal dan tahun baru, jadi mereka juga merayakan natal disana. India adalah Negara dengan berjuta perayaan, hampir semuanya mereka rayakan. Hari itu sekolahku mengadakan secret santa tukar kado untuk guru-guru lain tanpa tahu siapa yang memberi. Dan kebetulan aku kebagian koordinatorku orang yang awalnya paling aku sebelin di sekolah hehe. Aku gak merayakan natal aku pun tak memakai baju merah seperti yang sudah kepala sekolah tentukan waktu itu. Aku memakai baju coklat d