Langsung ke konten utama

Pengalaman Hamil dan Melahirkan di India

Bismillah...
Kalo dulu aku pernah nulis tentang pengalaman ngajar di Mumbai, atas takdir Allah sekarang aku malah nulis pengalaman hamil dan melahirkan di tempat ini lagi yang pernah aku tinggali selama setahun.

Singkat cerita aku menikah dengan orang yang bekerja di Mumbai jadi aku pun harus ikut suamiku tinggal disini, kami menikah pada bulan desember 2018, Januari kami sudah tinggal bersama.

Sebelum berangkat ke Mumbai aku kena flu sampai tiba di Mumbai gak kunjung sembuh walaupun udah minum obat. Waktu itu aku belum curiga apa-apa. Pertengahan bulan januari aku iseng testpack hasilnya 2 garis merah, waktu itu perasaanku sudah campur aduk, apa bener aku hamil?? Secepat ini Allah kasih kepercayaan ke kami. Sore itu selepas suami pulang aku langsung tunjukan hasil testpack, ia pun senyum-senyum bahagia dan tak lupa mengucap syukur alhamdulillah kami diberi kepercayaan secepat ini, seminggu setelah itu aku coba untuk testpack lg untuk meyakinkan dan hasilnya sama alhamdulillah..
Kami memutuskan untuk cek ke dokter kandungan.

Hamil trimester pertama di usia 8 minggu mulai ngerasain mual muntah tiap hari gak cuma pagi aja. Gak bisa cium bau dapur apalagi bau bawang. Jadilah aku jarang masak buat suami dong. Parahnya lagi aku suka risih kalau suami udah mulai cium-cium karna nafasnya bau bawang putih haha padahal dia gak abis makan apa2 dan kadang udah gosok gigi pula.

Selama trimester 1 aku musuhan sama bawang putih. Kalo suami bikin sambel gak aku bolehin make bawang putih. Suami sering masakin sering maksa-maksa makan tapi emang bawaannya lemesss shay..
Lama-lama aku kasihan sama suami.. rutin lg lah aku masak walaupun pake masker dan sesekali tetap muntah-muntah setelah masak. Anehnya aku kepengen bgt basreng sama baso aci sampe kebayang bayang gitu alhamdulillahnya atasan suami waktu itu lg pulang ke Indonesia jadi bisa titip hehehe
BB aku di trimester ini bukannya naik tapi malah turun karna gak nafsu makan sama sekali. Sampe dimarahin dokter 🙈

Di trimester kedua nafsu makanku udah makin membaik. Aku jg udah mulai baikan lagi sama bawang. Aku mulai seneng banget masak, sehari bisa sampe 3x bikin makanan.
Ngidam makanan langganan aku di Cilacap sampe sering banget mimpi makan disana, kaya nasi padang, mie naga, mie ayam padahal di rumah udah usaha bikin sendiri huhuhu
Dan orang yang paling berjasa menggemukan ku adalah jeng jeng jeng, mba mita dan teh reni. Mereka ini emak2 di Mumbai suami mereka juga kerja di Mumbai
Sering banget diundang mereka makan2 yang ueanak uenak plus banyak ampe dibungkus bungkus kalo pulang ke rumah. Benar2 bisa memenuhi hasrat nafsu makan aku yang lagi besar2nya ini.

Hamil 7 bulan aku juga ikhtiar minta babymoon ke suami hehehe alhamdulillah bisa ke new delhi buat lebaran di KBRI dan taj mahal agra. Walaupun disana lagi musim panas kalo siang bisa sampe 50° tetep ku nikmati *kadang ngeluh juga hahaha*masa masa berdua bareng suami sebelum ada buntutnya ciyeee

Lanjutttt... trimester ketiga..
Badanku perlahan mulai seperti daging gelonggongan. suami sering banget bacandaain yang katanya perahu karet lah, gerobak lah hahaha aku timpalin "heelllooow gimanapun juga kamu yang udah bikin aku membengkak 9 bulan "
Di trimester ini badan rasanya udah berat banget males kemana mana penginnya rebahan mulu. Musuhan bgt sama tangga karena bikin tambah engap. Kalo tidur dari miring ke kiri mau posisi kekanan aja musti mikir dulu gimana caranya. 
Oh ya aku juga belum tau dede bayi ini cewek apa cowok soalnya kalo di India tiap di USG kita harus tanda tangan surat pernyataan buat gak menanyakan itu bisa kena sanksi denda atau penjara buat kita atau dokternya. Kenapa gitu? Karena banyak kejadian aborsi bayi perempuan disini. Masih banyak orang india dengan kepercayaan kalo anak laki-laki lebih berharga dari anak perempuan. Terlebih lagi nanti kalo udah menikah justru perempuan yang ngasih dowry dengan jumlah yang gak sedikit. Nah hal ini berdampak laki-laki membludak di India.

Menjelang HPL 14 sept makin deg degan udah sering ngalamin kontraksi palsu. Makin sering check kandungan  dan ternyata aku tensinya mulai tinggi, dikasihlah obat buat nurunin tensi. Tp setelah 2 minggu tekanan darahku tetap tinggi sampai akhirnya tgl 5 sept aku harus diopname dan harus diinduksi. Tapi aku ragu karna aku kepengen bayiku lahir secara alami semaunya dia kapan mau keluar. Dokterpun meniyakan dan menunggu sampai pagi. Pagi itu ibuku sudah datang dari Indonesia tekanan darahku semakin normal dari semalam, dokterpun memutuskan agar aku pulang.

Karena eh karena aku kebanyakan baca akun yg harus usahain bgt lahiran normal tanpa intervensi, gentle birth lah yg katanya kita harus usahain lahiran alami karna kita udah dikasih pintu buat baby lahir jadi kenapa harus lewat jendela (caesar). Aku bener2 ikutin itu dan malah jadi terobesesi, aku banyak ngikutin gerakan yoga di youtube pas udah trimester 3, sering main birthing ball juga, affirmasi positif.
Memang alhamdulillah babyku normal dan presentasi kepala di bawah tapi waktu itu sebenernya aku udah bukaan 1 tp gak nambah2 dan gak mules jg.

Pas pulang dari opname  aku rutin jalan pagi bareng suami dan ibu, aku makin sering aktifitas trus rutinin di birthing ball ikhitiar induksi alami makan nanas, kurma, kiwi tp tetep gak dateng gelombang cintanya.

Usia kandungan 39w, waktu itu tgl 9/9/19 aku kembali check up, ternyata lagi lagi tekanan darahku tinggi dan yg lebih parahnya air ketuban malah jadi rembes *mungkin karena udah bukaan 1 tapi gak nambah-nambah* alhasil air ketuban hampir kering, pas dicek ctg detak jantung babyku udah makin melemah :(

Akhirnya dokter dgn tegas memutuskan untuk emergency caesar malam itu juga akupun pasrah karna gak mau egois untuk melahirkan normal alami, suamiku jg yg mengambil keputusan. Buat jaga-jaga aku juga kudu siap dengan 2 kantong transfusi darah, darahku O negatif yg mana itu jarang banget yang ber rhesus negatif. Mba mita bantuin pergi ke blood bank yang lumayan jauh dari rumah sakit dia nungguin disana kalau-kalau diperlukan walaupun baru ada 1 kantong.

Rasanya campur aduk, tak percaya, sedih, takut tapi ini demi kamu bayiku sayang.
Pertama tanganku diberi jarum infus harus 2 kali karna yg pertama gagal, sakit.. jarumnya gede dilanjut dengan suntikan lain di tangan di pantat, entah berapa kali suntikan yg masuk waktu itu, setelah itu aku dilanjut dengan memasang kateter, panik dan takut banget.. aku pengen suamiku ada di dalem cuma buat pegang tangan aku aja.. tapi gak dibolehin sama perawatnya, kzl

 Jujur semua proses itu buat aku trauma karena perawatnya juga emng gak bisa buat pasien tenang, terlebih mereka gak bisa bahasa inggris. Sesekali suamiku bisa masuk nemuin aku sebelum operasi semangat darinya serta pelukan darinya benar-benar menenangkan hati, tapi dia harus pergi keluar ruangan dalam hati aku pengen banget teriak please jangan pergi aku takut banget..

Setelah itu aku masuk ke ruang operasi bajuku dibuka sampai ke dada dan ditidurkan perutku diolesi cairan antiseptik dingin banget sampe aku mengigil, beberapa menit kemudian dokter anesthesi datang dan ternyata dokternya laki-laki :(
Lagi-lagi aku harus menahan malu karna auratku yang paling aurat keliatan. Emang sih ini bapaknya bikin tenang gak tegang aku diajak cerita dulu sebelum disuntik. Dan entah kenapa sebelum tindakan apapun aku selalu tanya sama dokter "is it paining?" Saking takutnya...tapi seenggaknya kalo mereka udah bilang gak sakit bikin gak terlalu nervous gitu, yaa walaupun ujungnya emang tetep sakit juga 😩

Aku didudukan dan disuntik epidural di bagian punggung rasanya bikin kaget..kayak kesetrum. Aku merasa ada kawat yg masuk dari bagian tulang punggung ke tulang ekor, setelah itu aku direbahkan seketika aku merasa tubuh bagian bawahku panas dan semakin panas sampai akhirnya mati rasa
Mataku langsung ditutup, kedua tanganku pun udah diikat. Pokoknya udah kayak mau dieksekusi deh hihihi

Saat dokter mulai beraksi aku mulai mencium bau gosong yang gak lain adalah bau perutku yang dibelah dengan laser. Aku gak merasa apa-apa yg aku rasakan tubuhku seperti terbang, melayang tanpa kaki. Dari awal Dokter terus mengajakku mengobrol agar aku tetap relax mulai dari dia pernah liburan ke Bali sampai nyuruh aku buat download google translate buat belajar hindi. Jawabanku agak kacau karna masih setengah teler. Aku sering ngigo "ohh I'm flying, where is my legs ma'am" dokternya malah jawab " yes you're flying, I take u to Indonesia"

Perutku dibedah 8 lapisan selang 5 menit dada dan perutku didorong keras berkali kali sesak memang tapi legaaa banget karna setelah itu jam 21.40 si baby keluar "congratulation it's a girl" mataku dibuka  sebentar. Aku liat si baby diangkat didepanku masih berlumuran darah dan air ketuban aku liat matanya dan dengar tangisannya pertama kali. Bahagia terharu gak kerasa aku ikut nangis. Karna nangisku gak santai dokter langsung negur "dont cry how can I finish this, if u cry like this"  selang setengah jam operasi pun selesai. Bekas sayatan udah diperban aku udah berselimut didorong ke ruang perawatan disana udah ada suami dan ibu yg lagi gendong baby girlku. Bahagia rasanya liat anakku yg imut ini, masyaAllah. Aku langsung bisa IMD alhamdulillah dia pinter nen asiku pun terus lancar. Saat itu lah payudara kita udah gak ada harga dirinya lagi sana sini pegang boo.. gatau dah berapa perawat yang pencet2. Yah pokoknya kalo udah menyusui mah harus merelakan kalo bagian itu bukan properti pribadi lagi yah hahaha. 
 Malam itu aku gak bisa tidur karna efek bius yang udah mulai ilang aku udah mulai ngerasain cenut cenut.

Keesokan harinya aku masih belum boleh duduk. Aku cuma boleh baring telentang tanpa bantal cuma boleh miring kanan atau kiri, jangan tanya pegelnya.. Tapi apa daya buat miring aja sakitnya... harus dibantu suami atau pegangan dulu. Hari itu rasanya gak nyaman bgt udah banyak selang dimana mana lagi nifas pula, perut sama kaki cengkring2 rasanya ya Allah 😭

Nah di hari selanjutnya aku udah harus bisa duduk, berdiri dan jalan buat pipis atau pup. Rasanya seneng banget akhirnya bisa dinginin punggung yg sekian lama panas. Selang infus dan kateterpun udah dilepas uhh lega banget rasanya. Tapi ternyata tak seenak yg dibayangkan. Aku dibantu bangun sama suami buat ke kamar mandi buat duduk aja rasanya gimana yah gak bisa diungkapkan dengan kata2 saking sakitnya... lanjut nurunin kaki pelan-pelan trus berdiri pelan-pelan seketika aku ngerasa kaya ada yg ambrol dibagian perut sakit buangeett.. aku jalan dituntun suami kepala aku senderin ke dadanya krna rasanya gak kuat angkat kepala. Kalau pas duduk gak bisa ngomong keras krna ada tekanan di perut pas pipis juga gak bisa ngeden di perut kerasa geli geli gitu. Kerasanya tuh kaya ada yg nancep di perut. Ya Allah makasih Kau telah beri suami yg sabar dan gak jijikan hihihi. Dia mau ngajarin jalan lagi walaupun buat melangkah 1 langkah aja butuh bbrpa detik sambil meringis meringis hehehe. 

Pasca SC aku masih sempet down kenapa aku gak bisa lahiran normal akhirnya aku langsung unfollow deh akun yang pro normal bgt itu haha
Yg tadinya pengen minim trauma malah jadi trauma bgt krna aku lahiran di India shg beda budaya, bahasa, dan segalanya itu yg bikin makin berat.

Pasca melahirkan semuanya sakit tp aku inget bgt kata dokter disni "to become a mother u should feel pain" aku cuma selalu bayangin semoga sakit ini bisa menggugurkan dosa2 ku dan semakin hari semakin membaik dan cepet lupa sama sakitnya :) sm 1 lg kita kudu punya suami yg gak jijikan hehe krna kalo abis melahirkan apalagi abis sc bahkan kita gak bisa pake CD sendiri lho kalo mau buang air hehehe 
Setiap org punya cerita unik sendiri pas melahirkan dan semua gak ada satupun yg sama. Support suami dan keluarga bener2 ngebantu banget pasca melahirkan.

Setelah 4 hari udah bisa pulang yeee alhamdulillah aku udah bisa jalan cukup lancar masih belum bebas bergerak memang tp jauhhhhh lebih baik banget. Baby juga sehat alhamdulillah walaupun sempat kuning tp masih dalam batas normal bisa langsung digempur asi.

Dramapun berlanjut pas udah di rumah. Babyku pengennya nen terus sedangkan aku masih belum bisa bergerak bebas masih sakit buat miring kanan kiri dan bangun dari tempat tidur ditambah payudara yg udah lecet yang bikin tambah syedaappp sampe keluar air mata. Aku sering di kamar mandi nangis-nangis sendiri bak drama korea sambil bilang kenapa sakitnya gak ilang ilang hiks hiks. Disaat kaya gini memang dukungan suami, keluarga dan teman itu nomer 1 suami selalu nenangin bantuin kalo malem jg bangun kalo bayi lg nen meluk aku yang lagi kesakitan nyusuin. I love you so much mas ❤ dan mama aku yang ikutan begadang buat gendong baby, I love you so much maa ❤
Makasih juga buat temen-temen emak-emak di Mumbai yang udah mau bantuin dan jenguk. Terutama mba Mita yang udah ikutan rempong bolak balik ke rumah sakit buatin makanan juga ❤

Setelah sebulan aku baru bisa jalan normal gak sakit lagi. Bangun dari tempat tidur juga udah lancar. Sekarang kalau ingat-ingat masa habis lahiran lucu banget bak drama berasa putus asa karna sakitnya. Tapi sekarang udah gak sakit sama sekali..udah lupa juga sama rasa sakitnya makanya kalo inget itu jadi senyum-senyum sendiri sama suami.

Babyku sekarang udah mau 3 bulan.
Bismillah semoga anak kami yg diberi nama Rania Fahira Akhyar menjadi anak yang sholelah, sehat, dan penyejuk bagi kami orang tuanya.

Buat wanita-wanita disana jangan takut sama hamil dan melahirkan yaa, seru kok... ini aku melahirkan caesar jadi lama pulihnya. Aku belum ngerasain lahiran pervaginam. Mudah-mudahan kalau memang Allah mengizinkan anak kedua bisa lahiran pervaginam. Tapi mau sc atau pervaginam tetep aja bagian intim kita yg diobok-obok sama dokternya salah satunya waktu cek hamil pertama dan cek bukaan, ohhh jangan tanya ngilunya 😄 tipsnya yaa pilih dokter cewek aja biar gak begitu canggung digrepe grepe 😄 aku gak bilang melahirkan gak sakit yaa emang sakit banget sakit yang mungkin gak pernah kita alami sebelumnya. Tapi semua itu gak akan lama dan percaya aja sakitnya bakal cepet dilupain apalagi kalo udah sama babynya.. dan 1 lagi insyaAllah ganjaran pahalanya juga gedeee banget ❤💕🥰



Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Birth of Aliya ( Kehamilan Dengan Rhesus Negatif )

 Kehamilan kedua ini aku ketahui waktu kita bertiga aku suami dan anak pertamaku rania pulang mudik ke Indonesia. Kehamilan kali ini memang kita rencanakan dan alhamdulillah langsung dikasih sm Allah. Bisa dibilang dari awal kehamilan sampai trimester ketiga semua berjalan dengan lancar sampai suatu ketika pada usia kemahilan 7 bulan tes darah aku mengatakan kalau hasil indirect coomb test positif Yang artinya tubuh aku membentuk antibodi yg bisa jadi menyerang sel darah janin. Kenapa itu bisa terjadi? Singkat cerita golongan darahku O dengan rhesus negatif dan golongan darah suamiku O dengan rhesus positif. Orang yg berrhesus negatif di dunia ini hanya 25% terlebih di Indonesia hanya 1% Qodarullah aku diberkahi dengan rhesus negatif. Jadi saat rhesus negatif bertemu dgn rhesus positif kemungkinan besar janin akan mengikuti rhesus ayahnya yaitu positif. Ini menyebabkan adanya ketidakcocokan rhesus antara aku dan bayiku sehingga tubuhku memproduksi antibodi karena menganggap bayi dalam

Setelah Hampir 5 Bulan di Tanah Air Tercinta

Tak terasa waktu seakan begitu cepat di Indonesia, senang rasanya dapat berkumpul lagi dengan keluarga, dan orang tersayang lain. Masih teringat jelas saat aku pulang dari India tepatnya tanggal 24 Desember 2017. Saat itu pesawatku akan terbang jam 11 malam dari Mumbai airport. Rasanya campur aduk.. senang, sedih, bahagia, dan tidak percaya. Tidak percaya akhirnya aku dapat menyelesaikan ini 1 tahun. Saat hari terakhir di sekolah tanggal 17 Desember 2017 kebetulan hari itu hari terakhir sekolah sebelum hari libur natal dan tahun baru, jadi mereka juga merayakan natal disana. India adalah Negara dengan berjuta perayaan, hampir semuanya mereka rayakan. Hari itu sekolahku mengadakan secret santa tukar kado untuk guru-guru lain tanpa tahu siapa yang memberi. Dan kebetulan aku kebagian koordinatorku orang yang awalnya paling aku sebelin di sekolah hehe. Aku gak merayakan natal aku pun tak memakai baju merah seperti yang sudah kepala sekolah tentukan waktu itu. Aku memakai baju coklat d